Cost Per Thousand (CPM) adalah salah satu ukuran dalam dunia iklan digital yang menunjukkan biaya yang harus dibayar oleh pengiklan untuk setiap 1.000 impresi atau tampilan iklan.
Jadi, CPM dalam trading/investasi sebenarnya tidak berhubungan dengan iklan, namun lebih berkaitan dengan bagaimana biaya untuk melakukan trading/investasi dihitung. CPM dalam trading/investasi mengacu pada biaya yang dikenakan oleh broker atau pialang saham untuk setiap 1.000 lembar saham yang diperdagangkan.
Dalam financial market, CPM bisa berbeda-beda. Misalnya, CPM pada saham-saham yang sangat likuid dan populer seperti saham Apple atau Amazon mungkin lebih rendah dibandingkan CPM pada saham-saham yang jarang diperdagangkan. Hal ini karena pialang saham lebih ingin menarik pelanggan untuk melakukan trading pada saham-saham populer.
Dalam hal ini, semakin rendah CPM, maka semakin baik untuk para trader maupun investor karena biaya bisa lebih efisien. Oleh karena itu, sebelum memilih untuk berinvestasi atau melakukan trading saham, pastikan untuk mempertimbangkan faktor biaya, termasuk CPM yang ditawarkan oleh pialang saham.