Enterprise Value (EV) atau nilai perusahaan adalah sebuah metrik yang digunakan dalam trading dan investasi untuk mengetahui nilai suatu perusahaan secara keseluruhan. EV digunakan untuk mengukur seberapa mahal harga pasar saham perusahaan dibandingkan dengan aset dan utang perusahaan. EV juga dikenal sebagai market capitalization plus debt minus cash, dan digunakan sebagai alternatif lebih kompleks untuk market capitalization.

Rumus dasar dari EV adalah harga pasar saham ditambah nilai utang dikurangi kas perusahaan. Namun, penting untuk dipahami bahwa EV bukanlah harga sebenarnya dari sebuah perusahaan, melainkan hanya sebuah angka yang menunjukkan nilai perusahaan yang terlihat dari perspektif keuangan.

Dalam praktiknya, EV sering digunakan sebagai ukuran valuasi perusahaan untuk tujuan penggabungan dan akuisisi. Selain itu, EV juga dapat digunakan sebagai rasio berguna untuk membandingkan nilai perusahaan di industri yang berbeda. Semakin tinggi EV perusahaan, semakin besar juga kebutuhan perusahaan tersebut untuk menghasilkan pendapatan untuk mengatasi utang dan dapat menambah nilai bagi pemegang saham.

Dalam melakukan investasi, informasi tentang EV sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Investor yang ingin mendapatkan nilai investasi yang optimal harus menganalisis EV perusahaan yang akan diinvestasikan dan mempertimbangkan rasio harga terhadap keuntungan (P/E ratio), yang merupakan nilai saham perusahaan dibagi dengan laba per lembar saham, serta kebijakan dividen perusahaan.