Acquisition Premium adalah nilai ekstra yang dibayar oleh perusahaan saat mengakuisisi perusahaan lain di atas nilai pasar yang sebenarnya. Istilah ini biasanya digunakan dalam konteks mergers and acquisitions (M&A), yang merupakan salah satu strategi untuk memperluas bisnis.

Acquisition Premium dapat terjadi saat perusahaan mempunyai nilai jual yang melampaui apa yang sebenarnya tercantum pada laporan keuangan, atau ketika perusahaan memiliki beberapa aset intangible yang tidak tercantum dalam laporan keuangan. Selain itu, faktor lain seperti potensi pertumbuhan dalam waktu dekat, reputasi merek yang kuat, dan diversifikasi portofolio bisnis juga dapat mempengaruhi besarnya Acquisition Premium.

Meskipun terlihat menguntungkan, Acquisition Premium dapat menjadi risiko bagi perusahaan pembeli. Hal ini disebabkan bisa jadi nilai yang dikeluarkan pada saat akuisisi tersebut lebih besar daripada nilai nyata dari perusahaan yang diakuisisi. Perlu diingat bahwa keputusan untuk membayar harga yang lebih tinggi untuk akuisisi adalah merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan demi kepentingan jangka panjang